logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Humas SMC RS Telogorejo
    0811 - 2791 - 949
  • 6 Persiapan Persalinan yang Sebaiknya Dilakukan Calon Ibu

    6 Persiapan Persalinan yang Sebaiknya Dilakukan Calon Ibu

    Penting untuk mempersiapkan berbagai hal dalam menghadapi persalinan agar Anda tidak kebingungan dan repot sendiri menjelang waktu persalinan. Khususnya jika ini adalah kelahiran pertama, Anda perlu hati-hati dalam mempersiapkan diri dan berbagai hal yang perlu dipikirkan lainnya. Persiapan persalinan yang matang akan membuat Anda merasa lebih tenang untuk menyambut kelahiran buah hati tercinta ke dunia. Berikut beberapa hal dalam daftar persiapan persalinan yang perlu Anda perhatikan.

    Bergabung dengan kelas persiapan persalinan

    Bergabung dengan kelas persiapan persalinan penting agar Anda bisa mempelajari dasar-dasar persalinan, teknik pernapasan, teknik mengejan yang aman, hingga relaksasi yang akan membuat proses persalinan menjadi semakin lancar. Kelas ini juga menjadi salah satu usaha untuk memaksimalkan kesehatan Anda semasa hamil.

    Terlebih, kelas seperti ini pun biasanya menyediakan diskusi yang bisa menjawab pertanyaan Anda terkait proses kelahiran dan perawatan bayi baru lahir. Anda bisa belajar berbagai hal yang penting sebagai calon ibu. Mulai dari cara menyusui, posisi menyusui yang benar, berbagai tanda bayi lapar, cara memerah dan menyimpan ASI, cara mengatasi nyeri payudara akibat sumbatan ASI, dan lain sebagainya.

    Ikut kelas laktasi

    Apakah Anda sudah ikut kelas laktasi? Kelas ini disediakan agar calon ibu bisa mendapatkan edukasi mengenai pentingnya ASI dan persiapan menyusui agar sukses memberikan ASI eksklusif kepada bayi setelah lahir.

    Dengan mengikuti kelas ini, ada banyak informasi yang akan Anda peroleh. Mulai dari manfaat ASI, pentingnya inisiasi menyusui dini (IMD), manfaat rooming in (rawat gabung) setelah persalinan, perawatan payudara saat hamil dan menyusui, cara pelekatan yang tepat agar proses menyusui berjalan baik, hingga mengenali berbagai gejala menyusui dan cara mengatasinya.

    Siapkan barang yang perlu dibawa ke rumah sakit 

    Jangan lupa untuk menyiapkan semua barang yang perlu dibawa ke rumah sakit. Jangan mepet, lebih baik siapkan dua minggu sebelum HPL (hari perkiraan lahir). Dengan demikian, saat HPL sudah dekat, Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan barang-barang apa saja yang harus dibawa.

    Tidak perlu bawa banyak barang. Sebagai persiapan persalinan, buat saja daftar barang untuk keperluan selama persalinan, misalnya baju daster, pakaian dalam, peralatan mandi, pembalut, dan sebagainya, dan masukkan ke dalam satu tas.

    Anda juga bisa menyiapkan satu tas lain untuk membawa perlengkapan keperluan setelah melahirkan, misalnya perlengkapan menyusui bayi setelah lahir. Dengan menyiapkan barang yang perlu dibawa dari jauh-jauh hari, Anda tidak akan bingung bila membutuhkan barang-barang tersebut.

    Pilih dokter dan tentukan rumah sakit 

    Memilih dokter dan menentukan rumah sakit untuk bersalin adalah dua hal yang sangat penting bagi kelancaran persalinan. Ada banyak faktor yang harus masuk pertimbangan, mulai dari faktor kenyamanan, lokasi yang terjangkau, jadwal praktik, hingga fasilitas yang ditawarkan oleh rumah sakit.

    Sejak awal kehamilan, Anda perlu memilih dokter atau rumah sakit yang akan membantu proses persalinan. RS Telogorejo bisa menjadi pilihan rumah sakit terbaik untuk membantu proses persalinan Anda. RS Telogorejo menyediakan berbagai pilihan maternity package, mulai dari kelas biasa hingga VIP, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda.

    Rumah sakit yang didirikan di Semarang, Jawa Tengah ini berkomitmen menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas. Menggunakan teknologi terkini dan fasilitas berstandar tinggi bagi masyarakat, kenyamanan Anda selama proses dan persiapan persalinan pun akan terjamin.

    Berikan afirmasi positif kepada diri sendiri

    Afirmasi merupakan kata-kata positif yang perlu Anda sampaikan kepada diri sendiri agar pikiran negatif selama kehamilan dan menjelang persalinan tidak membuat Anda stres dan merasa tertekan. Melalui afirmasi positif kepada diri sendiri, Anda secara tidak langsung menanamkan sugesti baik ke dalam alam bawah sadar, sehingga Anda bisa menghadapi berbagai kesulitan menjelang dan selama proses persalinan dengan lebih positif.

    Menyetok makanan di rumah

    Setelah melahirkan, Anda mungkin tidak punya waktu atau tenaga untuk memasak. Fokuslah merawat bayi dan biarkan suami atau anggota keluarga lain untuk membantu Anda selama masa-masa merepotkan ini. Menyiapkan berbagai bahan makanan akan membuat Anda pulang dalam keadaan yang lebih nyaman, khususnya di minggu-minggu awal setelah melahirkan. Jadi, usahakan agar Anda sudah stok makanan yang tahan lama, enak, dan bergizi di kulkas.

    Persiapan persalinan yang baik akan memperlancar proses persalinan dan membuat Anda nyaman menjalaninya. Anda bisa memilih RS Telogorejo yang siap membantu Anda menjalani proses persalinan secara aman dan nyaman. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp RS Telogorejo di nomor 0816666430. Jangan lupa cek juga Instagram RS Telogorejo untuk mendapatkan update info terbaru.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream