logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Humas SMC RS Telogorejo
    0811 - 2791 - 949
  • Bayi Tabung Solusi Problem Kesuburan

    Bayi Tabung Solusi Problem Kesuburan

    Pasangan yang belum memiliki anak bisa mencoba prosedur medis untuk mendapatkan buah hati, dan salah satunya adalah bayi tabung. Prosedur ini adalah solusi umum dan tersedia di rumah sakit dengan fasilitas kesuburan berkualitas, misalnya SMC RS Telogorejo di Semarang. Bayi tabung telah lama diakui sebagai salah satu solusi masalah kesuburan yang cukup efektif.

    Definisi Bayi Tabung

    Bayi tabung merupakan istilah populer untuk in-vitro fertilization (IVF), yaitu kehamilan yang berawal dari pembuahan sel telur oleh sel sperma di luar tubuh. Pembuahan ini dilakukan di dalam tabung khusus di laboratorium fasilitas kesuburan. Embrio yang dihasilkan kemudian ditanamkan di dalam tubuh agar berkembang layaknya embrio dari proses pembuahan alami.

    Prosedur bayi tabung biasanya dilakukan menggunakan sel telur dan sel sperma pasangan. Akan tetapi, bayi tabung juga bisa dilakukan menggunakan sel donor, terutama jika salah satu pasangan memiliki kondisi kesehatan yang menurunkan kualitas sel sperma atau telur.

    Kondisi yang Membutuhkan Prosedur Bayi Tabung

    Menurut dr. Arie Sutanto,Sp.OG (K), pakar obstetri dan ginekologi di SMC RS Telogorejo, ada beberapa kondisi yang bisa menjadi pertimbangan untuk menjalankan prosedur bayi tabung atau IVF. Contohnya adalah:

    • Kehamilan yang tak kunjung berhasil walau kedua pasangan sehat
    • Gangguan sperma seperti ketidakmampuan mencapai rahim atau jumlah sel sperma terlalu sedikit
    • Gangguan pada rahim atau tuba falopi
    • Kondisi alami tubuh yang menggagalkan pembuahan alami, misalnya sistem autoimun atau lingkungan rahim yang menghambat perkembangan embrio
    • Kelainan genetik atau penyakit keturunan yang menghambat pembuahan alami
    • Pasangan usia di atas 40 tahun dan kesulitan memiliki anak lewat pembuahan alami

    Semua kondisi ini hanya bisa diketahui lewat pemeriksaan kesehatan menyeluruh, termasuk kesehatan organ reproduksi dan sejarah ketidaksuburan dalam keluarga (jika ada). Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di fasilitas kesuburan seperti Fertility Center di SMC RS Telogorejo.

    Langkah Pelaksanaan Bayi Tabung

    Inilah langkah-langkah yang umum dilakukan dalam prosedur bayi tabung atau IVF.

    1.  Ovulasi Super/Stimulasi

    Ovulasi super adalah istilah untuk stimulasi organ reproduksi wanita agar bisa menghasilkan lebih banyak sel telur. Prosedur ini dilakukan dengan pemberian obat serta pemeriksaan kadar hormon secara berkala.

    2.       Pengambilan Sel Telur

    Sel telur yang sudah siap dibuahi diambil dari dalam rahim menggunakan alat semacam jarum. Dokter akan memasukkan alat ini secara hati-hati lewat vagina untuk “menyedot” sel telur. Prosesnya dipantau menggunakan USG.

    3.       Inseminasi

    Sel telur dan sel sperma dipertemukan di dalam tempat dengan suhu dan kondisi terkontrol. Pembuahan biasanya terjadi beberapa jam setelahnya. Jika prosesnya sukses, sel telur akan membelah menjadi embrio. Dalam lima hari, embrio akan membelah menjadi beberapa sel.

    4.       Transfer Embrio

    Jika pembelahan embrio sukses, dokter akan melakukan transfer dari tempat penyimpanan ke rahim calon orang tua. Proses ini menggunakan semacam tabung tipis yang disebut kateter. Dokter biasanya memasukkan tiga sel embrio untuk meningkatkan potensi kesuksesan.

    Faktor Penentu Kesuksesan dan Risiko

    Sama seperti proses kehamilan biasa, prosedur IVF memiliki beberapa risiko yang terlihat baik saat hamil maupun melahirkan. Contohnya adalah kehamilan di luar rahim (kehamilan ektopik), sindrom overstimulasi rahim, persalinan premature, serta adanya komplikasi saat pengambilan sel telur.

    Karena dokter memasukkan beberapa sel embrio untuk meningkatkan kesuksesan, calon orang tua juga mungkin berkemungkinan mendapat bayi kembar. Hal ini harus menjadi pertimbangan sebelum mengikuti prosedur IVF.

    Calon orang tua bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi faktor risiko yang mempengaruhi kesuksesan bayi tabung. Contohnya adalah menjaga kesehatan dengan makanan bergizi sesuai anjuran dokter, tidak merokok atau mengonsumsi kafein dan alkohol, mengontrol berat badan, mengurangi stres, dan tidur secara teratur.

    Solusi lainnya adalah memilih fasilitas kesehatan yang berkualitas untuk mendapat prosedur bayi tabung. Salah satunya adalah Fertility Center di SMC RS Telogorejo.

    Mengapa Pilih Layanan Bayi Tabung di SMC RS? 

    SMC RS Telogorejo Semarang memiliki fasilitas terapi kesuburan dengan perlengkapan canggih dan dokter berpengalaman. Fertility Center ini memiliki berbagai fasilitas dan metode untuk mendukung kesuksesan bayi tabung atau IVF, seperti ICSI (teknik pembuahan untuk sel sperma bermutu rendah), fasilitas pembekuan embrio, dan bank sperma.

    SMC RS Telogorejo juga menawarkan paket promo prosedur IVF. Dengan harga hanya sekitar Rp46.997.000, Anda sudah bisa mendapatkan langkah prosedur lengkap dari stimulasi, proses pengambilan sel telur, ICSI, hingga inkubasi embrio. Pasien juga mendapat bonus satu kali cek level progesteron.

    Untuk informasi lebih lanjut, hubungi contact center 024 8646 6000 dengan ekstensi 5510 untuk Fertility Center atau WA di 081 6666 340. Anda juga bisa mengunjungi situs resmi smc-hospital.com, akun YouTube resmi SMC RS Telogorejo, atau akun IG @rs.telogorejo.

    Bayi tabung adalah solusi kehamilan yang cukup efektif jika pasangan tidak kunjung bisa hamil secara natural. Kunjungi SMC RS Telogorejo untuk mendapatkan layanan IVF dengan fasilitas terbaik dan harga promo.

    IVF Telogorejo Fertility Center

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream