logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Humas SMC RS Telogorejo
    0811 - 2791 - 949
  • Benarkah Penyakit Katarak Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

    Benarkah Penyakit Katarak Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

    Penyakit katarak sudah dikenal oleh masyarakat sejak lama. Penyakit mata tersebut umum terjadi pada orang lanjut usia. Ketika manusia berumur 65 tahun, terjadi peningkatan risiko mengalami masalah lensa mata mengabur secara alami. Setiap usia bertambah satu dekade, risiko tersebut juga semakin meningkat.

    Lalu, sebenarnya apa itu penyakit katarak dan bagaimana cara menyembuhkannya? Apakah keadaan ini bisa sembuh secara alami tanpa perlu penanganan operasi? Simak penjelasannya di bawah ini!

    Apa itu katarak?

    Penyakit katarak adalah suatu gangguan yang membuat lensa mata menjadi keruh sehingga tidak bisa melihat dengan jelas. Biasanya, kekeruhan lensa mata mengalami perkembangan secara perlahan. Bahkan, katarak tidak terasa mengganggu saat baru muncul.

    Namun, seiring berjalannya waktu, katarak bisa mengganggu pandangan. Orang yang menderita katarak akan sulit melihat, seperti ada kabut yang menutupinya. Beberapa aktivitas yang akan terganggu misalnya membaca dan menyetir kendaraan, terutama saat malam hari.

    Beberapa hal yang menyebabkan katarak

    Penyakit katarak tidak serta merta terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebab katarak. Penyebab paling umum adalah karena penuaan atau keadaan seperti trauma dengan potensi mengubah jaringan pada mata. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit katarak juga bisa disebabkan oleh kelainan genetik dan masalah kesehatan lainnya.

    Gejala munculnya penyakit katarak pada mata

    Sebagaimana sempat disebutkan sebelumnya, gangguan penglihatan satu ini tidak langsung berdampak signifikan bagi keseharian penderitanya. Berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin dirasakan jika mengalami katarak.

    • Pandangan akan terlihat seperti ganda atau dobel.
    • Terdapat lingkaran di sekeliling mata.
    • Terasa sangat silau jika melihat cahaya seperti matahari, lampu, atau lampu mobil.
    • Ukuran kacamata sering berganti.
    • Penglihatan di malam hari semakin menurun.
    • Penglihatan mengenai warna semakin menurun.
    • Pandangan mulai terasa berkabut.

    Pemeriksaan katarak

    Apabila Anda mengalami gejala di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya, banyak orang tidak menganggap katarak sebagai penyakit yang serius. Akibatnya, penyakit menjadi semakin parah dan membuat penglihatan memudar.

    Adapun hal-hal yang diperiksa oleh dokter antara lain mengenai lapang pandang, tes ketajaman penglihatan, hingga memeriksa pasien dengan alat yang diarahkan dari samping mata. Alat tersebut berfungsi untuk melihat tingkat kekeruhan lensa mata. Selain itu, Anda juga dapat memakai slit lamp untuk melihat struktur dari bagian depan. Terakhir, Anda bisa melakukan extracapsular surgery untuk menyembuhan penyakit katarak.

    Asian elderly couple using tablet watching TV in living room at home, couple enjoy love moment while lying on sofa when relaxed at home. Enjoying time lifestyle senior family at home concept.

    Apakah katarak bisa disembuhkan tanpa operasi?

    Gangguan pada mata ini memang dapat terlihat seperti penyakit yang ringan, apalagi jika masih ringan dan belum terlalu parah. Untuk menanganinya, bisa saja dokter menyarankan penderita katarak memakai kacamata. Namun, tetap saja prosedur pengobatan katarak adalah dengan metode operasi. Terdapat beberapa jenis operasi yang bisa dilakukan, yaitu small incision cataract surgery (phacoemulsification) dan extracapsular surgery.

    Small incision cataract surgery merupakan operasi insisi kecil di bagian tepi kornea. Kemudian, dokter memancarkan gelombang ultrasonik untuk menghancurkan lensa agar bisa dibersihkan. Sementara itu, extracapsular surgery dilakukan dengan melakukan insisi yang lebih besar lagi untuk mengeluarkan kabut-kabut pada inti lensa. Sisa lensa pun akan dihisap keluar.

    Itulah penjelasan mengenai penyakit katarak, mulai dari gejala, penyebab, hingga metode penanganan. Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke RS Telogorejo yang menyediakan layanan Paket Katarak Lensa Premium dengan promo menarik hingga Desember 2022.

    Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website resmi RS Telogorejo atau hubungi contact center melalui nomor 024 8646 6000 dan WhatsApp di nomor 0816666340. Anda juga bisa langsung mendatangi RS Telogorejo di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Pekunden, Semarang Tengah, Kota Semarang. Sedangkan untuk update seputar dunia kesehatan dan promo layanan media, follow Instagram dan TikTok RS Telogorejo, serta subscribe ke kanal YouTube kami.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream