logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • International Corner
    081 - 1277 - 6767
  • Cara Hidup Sehat sesuai DNA

    Cara Hidup Sehat sesuai DNA

    dr. Arien Himawan, M.Kes, SpGK
    Spesialis Gizi Klinis SMC RS Telogorejo Semarang

    Tahun 2025 diperkirakan prevalensi penyakit kronis seperti hipertensi, penyakit jantung, diabetes, obesitas, sindrom metabolik dan kanker akan terus meningkat. Gaya hidup meliputi pola makan dan kurangnya aktifitas fisik sangat berperan penting. Akhir- akhir ini kegemaran minum kopi menjadi salah satu trend gaya hidup, ada yang coffee addicted dan sebaliknya ada yang tidak berani minum kopi karena takut sakit maag, atau tekanan darah meningkat bahkan gangguan jantung. Seberapa banyak seseorang dapat mengkonsumsi kopi? Ternyata setiap orang berbeda kemampuan untuk metabolisme kopi didalam tubuh. Hal ini disebabkan peran dari Gen (DNA) spesifik, yaitu gen CYP1A2. Bahkan kecenderungan cara diet untuk menurunkan berat badan, misalnya tidak mengonsumsi karbohidrat atau diet rendah karbohidrat (diet ketogenik) semakin populer di masyarakat. Gen FTO atau dikenal juga sebagai gen yang terkait dengan massa lemak dan obesitas, berperan dalam mengendalikan makan dan keseimbangan energi.

    Setiap orang yang dilahirkan memiliki susunan gen yang berbeda-beda. Satu dengan yang lain memiliki perbedaan gen sebesar 0,1 persen. Gen akan mengontrol bagaimana tubuh berfungsi. Makanan yang masuk ke dalam tubuh dianggap sebagai petanda/sinyal yang dapat memengaruhi aktivitas gen pada tubuh dan dapat mengubah struktur gen,  yang mengakibatkan perubahan gen yang akan menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh.

    Nutrigenomik merupakan ilmu yang mempelajari dinamika, regulasi dan cara dari suatu gen spesifik (DNA) terhadap kesehatan, serta bagaimana tubuh merespon penyerapan zat gizi baik makronutrien seperti karbohidrat, protein, lemak dan mironutrien meliputi vitamin-mineral secara efektif serta motivasi dan kebiasaan olahraga.

    Hippocrates menjelaskan bahwa, makanan akan diubah menjadi informasi genetik yang akan di ekpresikan sehingga memberikan metabolisme berbeda yang akan berdampak pada pola makan dan kesehatan.

    dna food

    SMC RS Telogorejo menyediakan pelayanan Nutrigenonik yang memiliki Brand “NUTRIGEN ME”, merupakan bagian dari pelayanan medical checkup untuk menskrining atau deteksi dini atau meminimalkan terjadinya risiko dari penyakit kronis berdasarkan genetik, misalnya hiprtensi, penyakit jantung, diabetes, obesitas, sindrom metabolik dan kanker.

    76 gen yang akan diperiksa pada pemeriksaan tersebut, meliputi gen yang terkait dengan metabolisme nutrien/zat gizi, intoleransi dan sensitifitas terhadap makanan, kesehatan jantung, pengaturan penurunan berat badan, kebiasaan/hobi makan, olah raga dan risiko cedera otot/sendi/tendon serta metabolisme hormon yang mungkin mengakibatkan ketidakseimbangan hormon termasuk gangguan kesuburan (infetilitas).

    Pemeriksaan NUTRIGEN ME hanya dilakukan satu kali untuk seumur hidup dan menjadikan panduan gaya hidup dimasa depan. Ada manfaat yang diperoleh dengan memeriksa genetik. Individu dapat memilih makanan, pola makan, dan aktivitas olahraga yang tepat bagi tubuh, sesuai dengan genetika yang dimiliki setelah mengetahui gen (DNA) nya.

    Kapan sebaiknya pemeriksaan nutrigenome dilakukan ? jawabanya dilakukan sedini mungkin, baik dalam kondisi sehat, berarti untuk mendapatkan manfaat gaya hidup yang lebih optimal di masa depan. Namun, apabila dilakukan dalam kondisi sudah mengalami penyakit kronis, manfaat dari pemeriksaan tersebut untuk mendapatkan kesehatan atau kualitas hidup yang lebih baik dengan pengaturan pola makanan, suplementasi dan kebutuhan olahraga yang disesuaikan dengan gen (DNA). Hal ini disebut sebagai nutrisi individual (personalized nutrition), Rekomendasi pengaturarn pola makan berdasarkan tiap individu dapat diterapkan sebagai nutrisi pencegahan terhadap timbulnya penyakit kronik atau membantu program penurunan berat badan bahkan membantu pembentukan massa otot sesuai dengan gen yang dimiliki.

    Genetik menjadi satu pendekatan untuk bisa melakukan gaya hidup yang sehat.
    Informasi lebih lanjut mengenai pemeriksaan nutrigenomik, dapat menghubungi humas SMC RS Telogorejo di 0811-2791-949

    Leave a reply →
  • Posted by Rana Hanarina on September 11, 2020, 11:03 am

    Selamat siang,

    Setelah membaca mengenai cara hidup sesuai DNA trsbt di atas, Saya tertarik utk melakukan pemeriksaan NUTRIGEN ME.
    Namun ada yg hrs Saya ketahui lebih dulu, yaitu ;

    Berapa biaya yg hrs dikeluarkan utk pemeriksaan NUTRIGEN ME ?

    Ada berapa tahapan dlm pemeriksaan ?

    Terimakasih.

    Reply →
    • Posted by telogorejo on September 14, 2020, 8:21 am
      in reply to Rana Hanarina

      Salam Ibu Hana, terima kasih untuk pertanyaan anda. Terkait biaya dan prosedur Nutrigenome SMC RS Telogorejo, Ibu Hana dapat menghubungi humas kami di 0811-2791-949
      .
      Terima kasih

      Reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream