logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Humas SMC RS Telogorejo
    0811 - 2791 - 949
  • Donor Darah SMC RS Telogorejo

    Donor Darah SMC RS Telogorejo

    Bulan Dana Kemanusiaan PMI jatuh pada tanggal 1 Juni hingga 31 Agustus 2022. Oleh karenanya, bertepatan dengan diperingatinya Bulan Dana Kemanusiaan, kegiatan donor darah kembali diselenggarakan sebagai kegiatan rutin setiap bulannya. Selain itu, dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh SMC RS Telogorejo dan PMI Semarang di Atrium SIM Square pada 25 Juli 2022 ini membuka donasi yang bisa diikuti oleh calon pendonor maupun masyarakat umum lainnya. Pembayaran donasi dapat diberikan secara tunai maupun menggunakan QR Barcode QRIS yang sudah disediakan oleh panitia.

    Pada kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 08.00-12.00 WIB, hadir sebanyak 38 orang calon pendonor yang dari total tersebut sebanyak 30 orang lolos melalui skrining sehingga dapat mendonorkan darahnya dan 8 lainnya ditolak karena belum memenuhi kriteria pendonor, kebanyakan dari mereka yang ditolak dikarenakan kandungan Hb dalam darah kurang dan tensi yang melebihi batas maksimal. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan donor darah yakni :

    1. Berusia minimal 17 tahun
    2. Berat badan tidak kurang dari 45kg
    3. Tidak sedang sakit
    4. Hb dalam darah berkisar 12,5gr/dl – 17gr/dl
    5. Tekanan darah sistolik 100 mmHg – 160 mmHg, diastolik 70 mmHg – 100 mmHg

    Donor Darah2

    Donor
    Selain sebagai bentuk kepedulian dan memupuk rasa kemanusiaan, donor darah juga memiliki manfaat bagi tubuh. Umumnya, dalam sekali proses donor darah pendonor akan menyumbangkan sebanyak 500 ml darahnya atau sekitar 8% dari total darah yang ada dalam tubuh. Dr. Diah Hastuti selaku Dokter Bagian Pelayanan Pasien PMI Kota Semarang menyampaikan bahwa selain dapat menyelamatkan nyawa orang lain, manfaat donor darah yang bisa dirasakan oleh pendonor ialah :

    1. Melancarkan sirkulasi darah, donor darah mengurangi tersumbatnya pembuluh darah sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.
    2. “Mini Check Up”, karena dengan melakukan donor darah calon pendonor bisa mengetahui berapa kadar Hb dan tensi darah.
    3. Menyeimbangkan zat besi dalam darah, dengan rutin melakukan donor darah produksi sel darah merah akan meningkat. Hal ini dikarenakan ketika seseorang melakukan donor darah maka tubuh akan memproduksi sel darah merah dan Hb yang baru dan sehat.
    4. Mengurangi risiko kanker, berkurangnya zat besi di dalam tubuh akibat donor juga dapat menekan risiko seseorang terkena kanker. Hal ini dikarenakan kegiatan donor darah menyebabkan zat besi seseorang berkurang, kadar zat besi yang berlebihan dalam darah dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang menjadi penyebab seseorang terkena kanker.
    5. Membantu jantung untuk tetap sehat, menurut penelitian rutin donor darah dapat menurunkan 88% risiko orang terkena penyakit jantung. Selain itu donor darah dapat membuang zat besi yang berlebihan dalam darah dan menyebabkan proses oksidasi kolesterol.

    Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan jantung Anda dapat melakukan donor darah secara rutin. Kegiatan donor darah ini rutin diselenggarakan SMC RS Telogorejo setiap tanggal 25 per bulannya. Bagi Anda yang hendak melakukan donor darah bisa langsung datang ke Atrium SIM Square dan mendaftarkan diri secara langsung saat acara diselenggarakan. Untuk mengetahui event kesehatan lainnya Anda dapat mengecek informasinya melalui media sosial kami yakni di Instagram @rs.telogorejo, Facebook SMC RS Telogorejo, Tiktok SMC RS Telogorejo, Facebook SMC RS Telogorejo dan channel Youtube SMC RS Telogorejo.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream