logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Edukasi Nutrisi Kemoterapi di SMC RS Telogorejo

    Edukasi Nutrisi Kemoterapi di SMC RS Telogorejo

    Kemoterapi adalah salah satu prosedur yang memiliki peranan penting dalam melawan sel kanker. Terapi ini mengandalkan kemampuan dari obat khusus untuk menghancurkan sel-sel kanker pada tubuh pasien. Meski demikian, pengobatan ini memiliki efek samping yang tidak sedikit, khususnya dalam hal pola makan dan aktivitas.

    Pada hari Kamis (12/4) SMC RS Telogorejo melalui Café Sehat “Healthy Lounge” mengadakan edukasi pada Pasien  dan Keluarga Pasien Kemoterapi di Klinik Kemoterapi SMC RS Telogorejo. Edukasi ini membahas mengenai gangguan makanan pasca kemoterapi dan radiasi, serta pantangan makanan sesuai kondisi pasien. “Beberapa pasien baru yang menjalani kemoterapi, masih bingung dan tidak ada pengalaman, mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh pasien.” ujar Mariza Rosniar, Ahli Gizi Café Sehat “Healthy Lounge” SMC RS Telogorejo. Beberapa pasien, lanjutnya, mengalami mual, konstipasi (sembelit), hingga diare. Hal ini dikarenakan kurangnya penyesuaian makanan yang menjadi asupan pasien.

    Edukasi yang rencananya akan dilaksanakan kembali di minggu ke-4 bulan April ini, juga memberi kesempatan bagi pasien untuk berkonsultasi mengenai makanan dan efek yang dialami oleh pasien. Dalam edukasi ini, Mariza berharap pasien dan keluarga dapat memahami penyakit kanker, batasan apa yang diberikan kepada pasien terutama untuk masalah nutrisi, serta pengolahan makanan sesuai jenis diet pasien.

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Healthy Lounge SMC RS Telogorejo di nomor telepon (024) 8646 6000 Ext. 5177 atau dapat mengunjungi Café Sehat “Healthy Lounge” di Lantai 1 Cattleya SMC RS Telogorejo.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream

Translate »