logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Humas SMC RS Telogorejo
    0811 - 2791 - 949
  • Faktor-Faktor Penyebab Masalah Kesuburan pada Wanita Usia Subur

    Faktor-Faktor Penyebab Masalah Kesuburan pada Wanita Usia Subur

    Permasalahan kesuburan atau dalam bahasa medis disebut infertilitas masih menjadi ketakutan bagi pasangan suami-istri yang menginginkan hadirnya sang buah hati. Di Indonesia sendiri, permasalahan kesuburan atau infertilitas tergolong tinggi. Berdasarkan riset tingkat permasalahan kesuburan di Indonesia tercatat sekitar 10-15 persen atau 4-6 juta pasangan dari 39,8 juta pasangan usia subur, dimana yang menjadi penyebab gangguan kesuburan disebabkan oleh kaum hawa.

    Dalam artikel ini akan mengulas beragam faktor yang menjadi penyebab masalah kesuburan pada wanita usia subur. Mari kita simak penjelasannya lebih dalam.

    1. Obesitas

    Wanita yang memiliki berat basan berlebih tentunya akan memengaruhi produksi hormon sehingga berpengaruh pada kesuburan wanita. Hal ini dikarenakan berat tubuh wanita sangat berbanding lurus dengan fungsi ovarium. Selain itu, wanita berusia sekitar 18 tahun yang memiliki berat badan berlebih juga memiliki risiko terkena polycystic ovary syndrome (PCOS). PCOS ini adalah salah satu masalah kesehatan yang mengganggu kesuburan sehingga membuat sulit untuk hamil.

    1. Terlalu Kurus

    Tidak hanya obsesitas, terlalu kurus ternyata juga dapat memengaruhi masalah kesuburan karena sangat berpengaruh terhadap kinerja hormon. Dengan postur terlalu kurus biasanya terdapat beberapa hormon yang kurang, seperti hormon leptin, hormon yang mengontrol rasa lapar dan kenyang dimana hormon tersebut merupakan hormon yang memengaruhi masa menstruasi.

    1. Zat Kimia

    Zat kimia dapat ditemui di beberapa produk kecantikan dan pembersih rumah. Zat-zat yang terkandung dalam produk kecantikan dan pembersih rumah tersebut tentu sangat memengaruhi kadar hormone dalam tubuh. Tidak tanggung-tanggung, zat kimia 29 persen berpengaruh terhadap tingkat kesuburan.

    1. Merokok

    Menurut penelitian dari American Society for Reproductive, kandungan dalam rokok dapat merusak hormon dan DNA. Sehingga tidak hanya berpengaruh terhadap masalah kesuburan tetapi juga dapat menganggu pertumbuhan janin.

    1. Alkohol

    Tingginya tingkat konsumsi terhadap minuman beralkohol juga berakibat pada masalah kesuburan. Berdasarkan penelitian, wanita yang memiliki sering mengonsumsi alkohol cenderung perlu menjalani terapi kehamilan.

    1. Gangguan Tiroid

    Salah satu faktor besar yang dapat berpengaruh pada masalah kesuburan adalah adanya gangguan tiroid. Tiroid merupakan kelenjar kecil berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak pada leher. Kelenjar tersebut sangat berpengaruh pada masalah kesuburan karena menganggu proses ovulasi dan kehamilan.

    Upset mature asian husband comforting his depressed young wife with negative pregnancy test, sitting on sofa at home. Korean couple cannot have baby, suffering from infertility indoors

    Dengan pembahasan tersebut, masalah kesuburan pada wanita usia subur dapat diatasi dengan menghindari beberapa faktor pemicu masalah kesuburan. Memastikan secara dini sangat disarankan kepada pasangan muda untuk menggapai keluarga bahagia. Kunci pencegahan terletak pada pengobatan dan intervensi yang tepat.

    SMC RS Telogorejo menyediakan layanan paket skrining kesuburan dimana tersedia tiga paket skrining. Pertama, paket skrining wanita dengan layanan Estradiol, FSH, LH, Anti Mulerian Hormon (AMH), Toxoplasma igM, Rubella igM, CMV igM, HBsAg, TPHA, Anti HIV. Kedua, paket skrining pria dengan layanan analisis sperma rutin, HBsAg, Anti HIV, TPHA, Anti HCV. Ketiga, paket bundling skrining pria dan wanita.

    Untuk reservasi, silahkan menghubungi call canter 02486466000 atau melalui WhatsApp 0816666340. Terkait lokasi pendaftaran, silahkan mengunjungi Klinik Medical Check Up yang terletak di lantai 1. Periode skrining kesuburan berlaku mulai 1 Februari hingga 31 Maret 2023. Informasi lebih lengkap bisa didapatkan pada akun Instagram @rs.telogorejo. Jadi, tunggu apa lagi, wujudkan keluarga bahagia Anda dengan melakukan skrining kesuburan di SMC RS Telogorejo!

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream