logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Humas SMC RS Telogorejo
    0811 - 2791 - 949
  • Kapan Kanker Prostat Bisa Menyerang Laki-Laki?

    Kapan Kanker Prostat Bisa Menyerang Laki-Laki?

         Kanker prostat adalah jenis penyakit yang menyerang pada organ reproduksi laki-laki. Kelainan ini ditandai dengan tumbuhnya jaringan abnormal di prostat, bagian dari organ reproduksi yang bertugas untuk memproduksi cairan semen. Jika dibiarkan, jenis kanker yang satu ini bahkan bisa merenggut nyawa seseorang.

    Sayangnya, gejala prostate cancer itu kadang tidak nampak atau sangat sulit dikenali, khususnya pada pasien usia muda. Namun, perlahan-lahan tanda-tandanya akan semakin terlihat, seperti nyeri di bagian perut bawah, sering buang air kecil saat malam hari, hingga aliran urin yang melemah. Lalu, sebenarnya kapan prostate cancer ini bisa menyerang laki-laki?

    Usia Seseorang Bisa Mengalami Kanker Prostat

         Penderita prostate cancer umumnya sudah berusia lanjut, sekitar 60 tahun ke atas. Namun, ada beberapa orang yang sudah mengalami hal ini di usia 50 tahunan. Hal ini karena gejala kanker prostat itu tidak terlalu terlihat di awal sehingga seringkali seseorang akan mengabaikannya sampai semuanya semakin parah. Meski jarang terjadi di usia muda, Anda tetap harus mewaspadainya karena kemungkinan itu selalu ada.

    Bagaimana Kanker Prostat Timbul?

         Pertumbuhan sel kanker pada bagian prostat ini sangat lama. Itulah mengapa, sebagian besar pasien prostate cancer tidak mengenali tanda-tandanya di awal. Bahkan, pada awalnya, seseorang secara normal akan mengalami perpindahan DNA menuju bagian prostat. DNA tersebut akan tumbuh, mati, lalu digantikan dengan yang baru. Namun, ketika sel tersebut terus tumbuh secara tak terkendali, akhirnya ini bisa memicu kanker prostat yang membahayakan.

    Kanker prostat adalah jenis penyakit yang menyerang organ reproduksi laki-laki pada usia tertentu. Kapan hal ini bisa terjadi dan bagaimana cara mencegahnya?

    Faktor Risiko Pemicu Kanker Prostat

    Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya prostate cancer. Berikut adalah beberapa penyebab yang mesti Anda waspadai untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut.

    1. Riwayat genetik

    Genetik atau keturunan dari orang tua dapat menjadi faktor yang memicu seseorang terkena prostate cancer. Meski persentasenya tidak besar karena sebagian besar pasien mengalami masalah ini seiring bertumbuhnya usia, tapi riwayat genetik tetap harus diketahui kemungkinannya. Rata-rata seseorang yang dinyatakan terkena prostate cancer di bawah usia 50 tahun memiliki mutasi genetik HOXB13 yang berasal dari orang tua mereka. Meski begitu, perlu ditekankan kembali bahwa kasus semacam ini termasuk jarang di dunia.

           2. Berat badan berlebih

    Berat badan berlebih memang tidak baik untuk kesehatan secara umum. Nyatanya, pola makan yang buruk dan kurang gerak ini juga bisa memicu kanker prostat dan memberikan ancaman kematian yang lebih parah dibandingkan dengan seseorang yang tidak gemuk. Bahkan, studi yang terdapat di Harvard Health Publishing menyatakan bahwa pria dengan berat badan berlebih memiliki risiko tambahan sebesar 8%, sedangkan seseorang yang mengalami obesitas memiliki tambahan risiko sebesar 20%, serta penderita obesitas akut meningkatkan risiko hingga 34%.

           3. Kebiasaan merokok

    Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Itu merupakan peringatan yang dapat kita temukan di bungkus dan iklan-iklan rokok. Akan tetapi, masih saja banyak orang yang memiliki kebiasaan merokok ini. Padahal, merokok dapat memicu kanker prostat. Hal ini bisa dipahami sebab rokok memiliki setidaknya 70 kandungan berbahaya yang akan diserap oleh tubuh dan diedarkan melalui pembuluh darah.

           4. Pola makan

    Pola makan yang buruk juga menjadi faktor pemicu kanker prostat. Laki-laki sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi, termasuk yang wujudnya berupa suplemen. Kebiasaan ini akan membuat seseorang memiliki kemungkinan terserang prostate cancer agresif yang lebih membahayakan sekaligus mematikan. Pola makan berikutnya yang perlu dihindari adalah mengonsumsi makanan tinggi lemak hewani, seperti daging merah (domba, babi, dan sapi) serta produk susu dengan kadar lemak yang tinggi (mentega, krim, dan keju).

    Tidak bisa dipungkiri bahwa prostate cancer memang menjadi penyakit mematikan yang sering melanda laki-laki berusia 50 tahun ke atas. Untuk itu, cobalah melakukan upaya-upaya pencegahan supaya terhindar dari kemungkinan terkena prostate cancer tanpa gejala. Lalu, jangan lupa konsultasikan secara rutin ke dokter andrologi terdekat.

    Sekarang ini SMC RS Telogorejo telah memiliki ahli di bidang tersebut dan memiliki Paket Prostate Complete Care untuk memeriksa tanda-tanda kanker prostat sedini mungkin. Mulai dari Rp990 ribu saja Anda sudah bisa mengecek kondisi kesehatan, khususnya pada organ reproduksi yang mungkin terkena prostate cancer. Segera daftarkan diri Anda untuk melakukan pemeriksaan dengan menghubungi nomor 024 8646 6000 atau 081 6666 340 (chat WA) untuk info lebih lanjut!

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream