logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Humas SMC RS Telogorejo
    0811 - 2791 - 949
  • Kisah Pasien SMC RS Telogorejo Melewati Kebocoran Jantung

    Kisah Pasien SMC RS Telogorejo Melewati Kebocoran Jantung

    Kebocoran jantung bisa berakibat fatal bagi kesehatan dan nyawa penderitanya. Sebab, adanya lubang pada katup jantung akan membuat darah yang kaya oksigen dipompa ke paru-paru saja alih-alih ke seluruh tubuh. Akibatnya, pasien akan mengalami keracunan oksigen dan sejumlah komplikasi lainnya. Meski demikian, ada satu pasien SMC RS Telogorejo yang berhasil melewati penyakit tersebut, yaitu Ibu Nurinah Hidayati. Bagaimanakah kisahnya? Simak selengkapnya di sini!

    Awal Mula Penyakit Ibu Nurinah

    Ibu Nurinah sudah mengalami kelainan pada katup jantungnya sejak lahir hingga saat ini, ketika usianya sudah menginjak 45 tahun. Namun, beliau tidak memperoleh perawatan medis sampai beranjak dewasa, sehingga beliau sering mengalami gejala seperti sesak napas. Pada saat itulah, beliau memeriksakan diri ke dokter dan menemukan bahwa terdapat kebocoran pada jantungnya.

    Dokter di fasilitas kesehatan pertama yang dikunjungi oleh Ibu Nurinah memutuskan untuk merujuk beliau ke SMC RS Telogorejo di Semarang. Ibu Nurinah pun langsung menyetujui rujukan tersebut karena merasa bahwa fasilitas di rumah sakit tersebut sudah cukup lengkap, sehingga peluang kesembuhannya juga lebih besar. Apalagi, beliau juga ingin lekas kembali sehat seperti semula.

    Hasil Diagnosis Dokter SMC RS Telogorejo

    Tim dokter bedah jantung yang menangani kasus Ibu Nurinah dan dipimpin oleh dr. Antonius Sarwono S.A., Sp.BKTV, FIHA, MH, FICS menemukan adanya ketidaknormalan pada jantung pasien mereka. 

    Sesuai dengan hasil pemeriksaan dari dokter pertama yang ditemui oleh Ibu Nurinah sebelum mendapatkan perawatan di SMC RS Telogorejo Semarang, mereka menemukan bahwa katup jantung yang seharusnya tertutup setelah melalui beberapa minggu awal di dalam rahim malah tetap terbuka. Bahkan, kondisi ini terus bertahan hingga Ibu Nurinah beranjak dewasa.

    Adanya pembukaan pada sekat yang memisahkan setiap ruangan di jantung Ibu Nurinah pun membuat jantung beliau membengkak. Karena inilah juga beliau sering mengalami kesulitan bernapas. Jika dibiarkan, gejala ini akan berdampak pada organ lain, terutama paru-paru, sehingga beliau harus segera menjalani tindak operasi.

    Prosedur Bedah Jantung Bocor dari SMC RS Telogorejo

    Program bedah yang dicanangkan oleh tim dr. Antonius Sarwono S.A., Sp.BKTV, FIHA, MH, FICS di SMC RS Telogorejo berfokus pada upaya penutupan sekat antara bilik dan arteri jantung Ibu Nurinah. Untuk menutup lubang tersebut, mereka menggunakan selaput dari otot jantung. Setelah memastikan tidak ada lagi lubang yang bisa mengakibatkan kebocoran, mereka pun segera menangani dampak jantung bocor tersebut pada paru-paru Ibu Nurinah.

    Akibat kebocoran yang sudah berlangsung selama puluhan tahun itu, paru-paru Ibu Nurinah mengalami hipertensi. Maka dari itu, tim dokter bedah jantung SMC RS Telogorejo yang bertugas menangani beliau pun menggunakan alat khusus untuk menstabilkan tekanan pada paru-paru beliau.

    Pendapat dan Pesan Ibu Nurinah

    Sehari setelah menjalani operasi bedah jantung yang dilakukan oleh tim dokter ahli SMC RS Telogorejo, kesehatan Ibu Nurinah berangsur-angsur pulih. Beliau juga merasa bahwa jika bukan karena pertolongan yang diberikan oleh tim dr. Antonius Sarwono S.A., Sp.BKTV, FIHA, MH, FICS, beliau mungkin tidak akan berkesempatan merasa sehat lagi. 

    Karena inilah, beliau memberikan pesan kepada semua orang yang merasakan sakit pada dada–terutama jantung–agar tidak segera menunda-nunda. Mereka juga tidak perlu takut menjalani operasi jantung karena sudah ada banyak tenaga kesehatan yang andal untuk mengatasi masalah tersebut.

    Kebocoran jantung memang kondisi yang bisa berakhir fatal, tapi bukan berarti Anda bisa berdiam diri saja. Justru, cerita Ibu Nurinah sudah membuktikan bahwa pengecekan kesehatan jantung secara rutin sangatlah penting agar Anda bisa segera mendapatkan pertolongan medis yang diperlukan. 

    Untungnya, untuk mempermudah Anda melakukan check up jantung secara berkala, SMC RS Telogorejo sudah menawarkan paket hemat 50% untuk melakukan medical check up secara menyeluruh. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati paket Jantung Sehat Selalu yang akan mengukur kesehatan jantung Anda secara menyeluruh dengan berbagai alat diagnosis. 

    Terakhir, jika Anda membutuhkan pengobatan untuk jantung, SMC RS Telogorejo juga memiliki paket kateterisasi dan pemasangan ring untuk jantung dengan voucher menginap di kamar mewah selama 1 malam. Yuk, sayangi jantung Anda dari sekarang dengan menikmati semua paket tersebut dan menghubungi nomor contact center SMC RS Telogorejo (86466000) untuk mendaftarkan diri!

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream