logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • International Corner
    081 - 1277 - 6767
  • Menangani Pasien Lanjut Usia

    Menangani Pasien Lanjut Usia

    Lebih dari 200 peserta yang terdiri dari dokter, perawat dan tenaga medis lainnya menghadiri Seminar Medis yang bertajuk “Geriatric Care Facing Globang Aging and National Accreditation (SNARS)” di SMC RS Telogorejo pada hari Sabtu (4/8).

    Adapun pembicara yang mengisi seminar medis mengenai lanjut usia ini adalah dr. H. Hadi Martono WS, Sp. PD, K-Ger, FINASIM yang membahas “Management of Health Problem in Elderly” , dr. B. Kris Pranarka, Sp.F-ML., Sp.PD, K-Ger, FINASIM tentang “Pelayanan Geriatri sesuai Standar Akreditasi” , dr. Dwi Ngestiningsih, M.Kes, Sp. PD, K-Ger mengenai “Sepsis pada Lansia” , dan dr. Suparitrono, Sp.PK, SH. mengenai “Etika Menghadapi Keluarga dan Pasien Geriatri”.

    IMG_7994

    Dalam paparannya, dr. Hadi selaku Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (Pergemi) Cabang Semarang mengemukakan bahwa terjadi peningkatan jumlah penduduk lanjut usia (di atas 60 tahun) di Indonesia. Peningkatan jumlah penduduk berusia lanjut tersebut akan menimbulkan berbagai permasalahan, terutama dalam bidang kesejahteraan pada umumnya dan kesehatan pada khususnya, mengingat bahwa permasalahan kesehatan pada usia lanjut berbeda dengan permasalahan kesehatan pada golongan populasi usia lainnya. Menilik hal tersebut, diperlukan edukasi kepada para tenaga medis untuk dapat menangani kesehatan para lanjut usia.

    IMG_7965Peserta dihibur oleh tarian dari Paguyuban Dharma Wulan (Warga Usia Lanjut) Semarang

    Peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Tengah ini terlihat antusias dalam sesi tanya jawab dalam diskusi ini. Hal ini sesuai dengan yang diharapkan oleh panitia yang diketuai oleh dr. B. Neni Mulyanti, Sp.PD. “Pada tahun 2019, salah satu fokus program Pemerintah adalah masalah geriatri, dan semoga dengan adanya seminar medis ini, dapat memberikan pengetahuan kepada rekan sejawat dan tenaga medis lainnya mengenai masalah pada usia lanjut, sehingga kami berharap para peserta dapat memanfaatkan seminar ini sebaik-baiknya ” ujarnya.

    Berita Terkait :

    Suara Merdeka News :
    Penduduk Lansia Jateng Tertinggi Kedua

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream