logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Humas SMC RS Telogorejo
    0811 - 2791 - 949
  • Mengenal Medical Body Composition Analyzer Canggih di SMC RS Telogorejo

    Mengenal Medical Body Composition Analyzer Canggih di SMC RS Telogorejo

          Rumah sakit dan praktisi kesehatan umumnya akan memiliki riwayat penyakit pasien yang pernah berkunjung ke sana. Data ini diperlukan untuk hasil diagnosis yang lebih tepat sekaligus memantau perkembangan fisik mereka dari waktu ke waktu. Sekarang ini sudah ada alat canggih yang bisa menampilkan kondisi fisik seseorang, yaitu Medical Body Composition Analyzer.

    Alat canggih tersebut sudah tersedia di SMC RS Telogorejo dan biasanya digunakan pada pasien yang mengidap penyakit jantung, kanker, lansia, atau orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, membentuk masa otot, dan semacamnya. Memang, apa saja yang bisa dilakukan oleh alat canggih bernama Medical Body Composition Analyzer ini? Cek detailnya berikut!

    Apa Saja yang Bisa Diperiksa dengan Medical Body Composition Analyzer?

    Medical Body Composition bisa mengetahui kadar beberapa komponen di dalam tubuh Anda. Berikut adalah empat di antaranya yang dapat Anda peroleh.

    1. Massa otot

    Alat ini dapat mengukur massa otot. Massa otot ini berbeda dengan jumlah berat badan yang Anda peroleh ketika menimbang di timbangan biasa. Biasanya, massa otot berkaitan dengan seberapa kadar otot dalam tubuh Anda. Seseorang akan memiliki massa otot yang lebih tinggi ketika sering berolahraga atau bergerak.

    Untuk menaikkan massa otot, Anda harus melakukan olahraga secara rutin. Hasilnya pun tidak akan terlihat secara langsung, melainkan minimal delapan minggu setelah memulainya. Hal ini ditandai dengan menurunnya massa lemak pada area tubuh tertentu, misalnya lengan dan perut, yang lebih mudah terlihat.

          2. Massa lemak

    Massa lemak adalah total kadar lemak yang berada di seluruh organ tubuh Anda. Kadar massa lemak pada pria dan wanita pun berbeda-beda standarnya. Hal ini juga dikaitkan dengan usia. Semakin tinggi umur seseorang, semakin naik pula massa lemaknya, kecuali jika mereka melakukan aktivitas olahraga rutin yang dapat memangkas lemak seperti yang dilakukan binaraga seperti Ade Rai.

    Body Composition Analyzer adalah alat canggih untuk mengecek massa otot, lemak, tulang, dan kadar air. Dapatkan kesempatan mencobanya di SMC RS Telogorejo!

          3. Massa tulang

    Sesuai seperti namanya, massa tulang adalah total ukuran tulang di tubuh Anda. Kadang-kadang seseorang memiliki ukuran tulang yang lebih besar sehingga walaupun terlihat kurus, berat badannya mungkin sedikit lebih dibandingkan dengan orang dengan tinggi dan penampilan yang sama. Inilah yang dapat dianalisis oleh Medical Body Composition Analyzer sehingga Anda tidak perlu insecure ketika memiliki berat badan yang lebih saat penampilan Anda adalah sebaliknya.

           4. Kadar air dalam tubuh

    Kadar air dalam tubuh mempengaruhi berat badan Anda secara keseluruhan. Hal ini juga dapat diukur oleh alat canggih di SMC RS Telogorejo. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui, apakah kadar air Anda sudah sesuai dengan standar atau belum. Kadar air ideal dalam tubuh biasanya di atas angka 50%. Saat tubuh punya banyak kadar air, nutrisi yang kita konsumsi bisa lebih cepat diedarkan ke seluruh bagian tubuh karena darah tidak mengental.

    Cara Pemeriksaan dengan Medical Body Composition Analyzer

    Untuk melakukan pemeriksaan dengan Medical Body Composition Analyzer, pasien cukup berdiri tanpa alas kaki. Anda bahkan akan diminta untuk membuka kaus kaki supaya alat lempengan logam yang berada di permukaan alat ini bisa lebih sensitif dan reaktif untuk menganalisis komposisi tubuh Anda.

    Letakkan kedua kaki Anda di kedua lempengan tersebut, lalu berpeganganlah pada pegangan yang terdapat di depan perut atau dada. Pada dasarnya, bentuk alat ini menyerupai treadmill, tapi dengan ukuran yang lebih melebar. Setelah itu, proses pemeriksaan akan berlangsung selama kurang dari 2 menit.

    Penggunaan Hasil Analisis Medical Body Composition Analyzer

    Hasil analisis dari alat Medical Body Composition Analyzer umumnya digunakan untuk diagnosis dan pemberian obat-obatan yang tepat sesuai permasalahan pasien. Data yang dihasilkan oleh alat ini juga dapat disimpan di dalam sistem sampai durasi pengobatan selesai. Sehingga, dokter dan petugas kesehatan di rumah sakit bisa memantau perkembangan Anda dari waktu ke waktu melalui grafik yang dihasilkan.

    Mengetahui komposisi tubuh Anda itu penting karena ini berkaitan dengan kesehatan dan kebugaran. Jika Anda ingin mencoba alat canggih, Medical Body Composition Analyzer ini, silakan mengunjungi SMC RS Telogorejo dengan lebih dulu melakukan pendaftaran di Klinik Medical Check Up (MCU) pada Senin-Sabtu pukul 07.00-17.00 WIB. Dapatkan kesempatan mencoba paket Cek Komposisi Tubuh hanya dengan biaya Rp399.000,00 saja! Info lebih lanjut silakan hubungi contact center kami melalui pesan WhatsApp di nomor 024 8646 6000/081 6666 340.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream