logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • International Corner
    081 - 1277 - 6767
  • Pelatihan Etik Dasar dan Lanjut 2019

    Pelatihan Etik Dasar dan Lanjut 2019

    Dalam kegiatan penelitian kesehatan diperlukan penilaian etik supaya hak-hak manusia sebagai subjek penelitian tetap dihargai. Penelitian kesehatan merupakan salah satu fungsi Rumah Sakit yang telah diatur dalam Undang-Undang dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan.

    Dalam pelaksanaan penelitian kesehatan dengan subjek pasien, pihak Rumah Sakit harus memastikan hak-hak pasien terpenuhi, termasuk kerahasiaan dan privasi pasien. KEPK (Komite Etik Penelitian Kesehatan) dan pimpinan Rumah Sakit harus memastikan protokol penelitian tidak melanggar secara etik sebelum penelitian dilakukan.

    Kementrian Kesehatan Republik Indonesia bekerja sama dengan SMC RS Telogorejo mengadakan Pelatihan Etik Dasar dan Lanjut (EDL) pada tanggal 29 – 31 Agustus 2019 di SMC RS Telogorejo, Jl. KH Ahmad Dahlan Semarang. Pelatihan ini menghadirkan dr. Triono Soendoro, M.Sc., M.Phil., Ph.D dan Handoko Riwidikdo, S.Kp sebagai pembicara. Peserta pelatihan yang berjumlah 51 orang berasal dari berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Para peserta diberi wawasan dalam kode etik dalam pelatihan hingga studi kasus oleh dr. Triono Soendoro, M.Sc., M.Phil., Ph.D dan pelatihan aplikasi protokol online oleh Handoko Riwidikdo, S.Kp

    Pelatihan EDL 2

    Dalam sambutannya, Direktur SMC RS Telogorejo, dr. Alice Sutedjo Lisa mengemukakan pentingnya pelatihan ini. dr. Alice berharap dengan adanya pelatihan ini, para peserta dapat belajar mengenai perlunya pelatihan etik dasar dan lanjutan agar KEPK (Komite Etik Penelitian Kesehatan) dan pihak rumah sakit dapat memahami dan mampu menjalankan peran dan tugas tersebut sesuai dengan regulasi nasional dan internasional.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream