logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Humas SMC RS Telogorejo
    0811 - 2791 - 949
  • Pentingnya Stimulasi Kreativitas Anak

    Pentingnya Stimulasi Kreativitas Anak

    Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan psikologi pada anak khususnya terkait tumbuh kembang anak, SMC RS Telogorejo berkolaborasi dengan Sekolah Musik Indonesia (SMI) Semarang dan Bee Bee Gym mengadakan Psiko.Talk yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Juli 2022 pukul 14.30-15.30 WIB. Talk show ini dilakukan melalui Live Instagram di tiga akun yakni @rs.telogorejo, @smisemarang, dan @beebeegym.semarang. Topik yang diambil yakni “Stimulasi Tumbuh Kembang untuk Mengoptimalkan Kreativitas Anak.

    Saat ini, kepintaran akademus tidak lagi menjadi satu-satunya indikator keberhasilan seorang anak. Perkembangan teknologi dan kemunculan-kemunculan trend baru membuat masyarakat menuntut lahirnya individu-individu yang kreatif, cakap, cepat dalam mengambil keputusan dan berinovasi tinggi. Maka dari itu, untuk membentuk kreativitas seseorang perlu adanya stimulasi yang dilakukan sejak kecil sebab anak di usia 1-5 tahun memiliki semangat untuk mengeksplorasi hal-hal di sekitarnya dan juga kemauan tinggi untuk belajar.

    Kreativitas pada anak dapat dilakukan melalui berbagai hal, salah satunya dengan kegiatan bermain. Bermain pun bukan sekedar memberikan anak mainan yang diinginkan, tetapi juga dapat mestimulasi tumbuh kembang dan kreativitas pada anak. Bermain juga bukan melulu tentang permainan, kegiatan lain yang melibatkan seni juga bisa menjadi pilihan kegiatan bermain untuk anak.

    Kesenian dianggap sebagai cara yang efektif untuk menstimulasi kemampuan berpikir kreatif pada anak. Selain itu, dengan mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan seni, anak dapat meningkatkan kepercayaan dirinya, belajar untuk bekerja sama dengan teman-temannya, meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Motorik halus pada anak juga bisa terasah melalui pendekatan seni. Salah satu kegiatan yang melibatkan seni ialah bermain musik.

    worowiranti

    Melalui Live Instagram tersebut, SMC RS Telogorejo menghadirkan Mahadsih Worowiranti, M.Psi.,Psikolog sebagai narasumber untuk membahas kegiatan bermain musik dalam mengoptimalkan kreativitas dan tumbuh kembang anak dari sudut pandang psikolog.

    Memastikan anak tumbuh menjadi individu yang kreatif dan cerdas merupakan salah satu tanggung jawab orang tua. Salah satu cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak adalah mencari metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan anak. Bermain musik bisa menjadi salah satu metode bermain dan belajar untuk anak yang memiliki banyak manfaat. Untuk lebih mengetahui upaya apa yang bisa dilakukan dalam mengoptimalisasi kreativitas dan tumbuh kembang anak, pastikan Anda mengikuti Live Instagram Psiko.Talk kolaborasi SMC RS Telogorejo bersama dengan SMI dan Bee Bee Gym melalui akun @rs.telogorejo, @smisemarang, dan @beebeegym.semarang!

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream