logo
  • Panggilan Kedaruratan
    024 - 845 7000
  • Reservasi & Call Centre
    024 - 8646 6000
  • Hotline BPJS
    0811 - 261 - 5046
  • Humas SMC RS Telogorejo
    0811 - 2791 - 949
  • Seminar Kesehatan “Hemodialysis Acces Management”

    Seminar Kesehatan “Hemodialysis Acces Management”

    Bekerja sama dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Boston Scientific, SMC RS Telogorejo menyelenggarakan Seminar Kesehatan dengan mengangkat tema “Hemodialysis Acces Management”. Seminar ini khusus diperuntukkan bagi Perawat Hemodialisa.

    Berangkat dari banyaknya peningkatan angka penderita penyakit gagal ginjal dikarenakan pola hidup tidak sehat dan konsumsi lemak berlebih. Gagal Ginjal Kronis merupakan keadaan di mana ginjal kehilangan fungsi organnya dan menurun secara bertahap, sehingga kesulitan untuk menyaring zat-zat yang seharusnya tidak diserap oleh tubuh. Kondisi ini biasanya dapat ditangani menggunakan metode pengobatan hemodialisa atau cuci darah.

    Seminar yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Juni 2022 ini dilaksanakan dengan tujuan mengedukasi para Perawat Hemodialisa (HD) mengenai terapi pengobatan gagal ginjal dan metode-metode terkini. Selain itu, diharapkan dengan mengikuti seminar ini para Perawat HD mampu memberikan terapi penanganan dan mengedukasi pasien mengenai tata laksana penyakit gagal ginjal beserta tindakan medis yang harus dilakukan. Tak lupa, seminar ini menginformasikan kepada Perawat HD tentang tata laksana pemasangan Kateter Double Lumen (CDL), AV Vistula/Cimino dan Av Graft beserta dengan perawatannya.

    hemodialisa

    Seminar Kesehatan ini rencananya akan berlangsung secara hybrid dan untuk offlinenya nanti berlokasi di Hotel Pandanaran, Jl. Pandanaran No.58, Semarang dengan dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari Perawat Hemodialisa di Jawa Tengah. Menghadirkan enam narasumber dengan mengangkat topik seputar penanganan pasien gagal ginjal menggunakan metode hemodialisa. Dr. Aries Sudjarwo, Sp.BV (K) mengawali sesi seminar dengan mengangkat topik pembicaraan Pengenalan Bedah Vaskular Jawa Tengah, disusul oleh DR. Dr. Lestariningsih, Sp.PD, K-GH., FINASIM yang membicarakan Dialisis Yang Bekualitas. Narasumber ketiga Dr. Andrian B. Indrasmoro, Sp.B, Sub.BVE (K) yang mengusung topik Persiapan Pemasangan Akses dan Monitoring. Dilanjut oleh pembicara dari PESBEVI Pusat yang menjelaskan Pengaruh Kualitas Akses Terhadap Adekuasi HD. Selanjutnya hadir NS. Evita Elia Nora yang menjelaskan mengenai Perawatan dan Pelatihan Deteksi Dini Pada Akses Dialisis, terakhir hadir Dr. Ahmad, Sp.BV(K) yang membicarakan Komplikasi Akses Dialisis dan Penanganannya.

    SMC RS Telogorejo sebagai unit yang memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik terus berusaha untuk mengupayakan peningkatan mutu layanannya. Melalui kegiatan Seminar Kesehatan yang bekerja sama dengan Boston Scientific dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ini, SMC RS Telogorejo berharap para Perawat HD yang ikut serta dalam acara mampu meningkatkan kemampuan serta pengetahuannya guna meningkatkan kualitas layanannya terhadap pasien.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply

Photostream